Mendesain Media

I. Mendesain Media
    Di depan sudah dijelaskan bahwa suatu media ada yang harus didesain sendiri dan ada yang sudah jadi atau tinggal menggunakannya. Pada subbagian ini akan dibahan prosedur pembuatan media secara umum. Untuk memperjelas suatu proses desain media nanti akan diberikan beberapa contoh pembuatan media pembelajaran tertentu.
    Beberapa unsur penting yang harus diperhatikan selama proses pembuatan media adalah: (1) identitas; (2) sket; (3) alat; (4) bahan; (5) prosedur; (6) implementasi; dan (7) perawatan. Dengan mempertimbangkan unsur-unsur tersebut, maka media terpilih tersbut bisa dengan mudah disosialisasi dan dikembangkan oleh guru lain untuk melengkapi media pembelajaran mereka.
    Identas madsudnya adalah apa nama media yang dibuat dan apa kegunaan dari media tersbut. Hal ini penting sekali untuk diberikan suatu penjelasan agar supaya si pemakai tahu maksud dan kegunaan media tersebut.

    Sebelum media dibuat, terlebih dulu perlu dibuatkan suatu sket tentang bentuk media yang akan dibuat. Kalau akan membuat model tentang alat pengering padi misalnya, maka terlebih dahulu perlu dibuat gambar atau sketnya, berikut ukuran-ukurannya. Hal ini untuk mempermudah proses pembuatannya.
    Setelah disket, lalu perlu dipersiapkan alat apa saja yang dibutuhkan untuk membuat suatu media. Sebagai contoh kalau ingin dibuat gambar atau foto tentang bangunan tertentu, maka diperlukan alat berupa kamera, pigura dan alat penunjang lainnya. Demikian halnya kalau ingin membuat model atau replika tentang candi, maka dibutuhkan bahan-bahan tertentu, seperti tanah liat, kayu, pewarna, dll.
    Setelah semuanya dipersiapkan langkah selanjutnya adalah bagaimana prosedur atau proses pembuatan suatu media. Misalnya akan dibuat tentang gambar atau foto bentang alam. Maka prosedur yang harus dilakukan yaitu: pertama-tama mengecek kembali kompetensi dasar yang telah ditentukan. Setelah itu baru memilih objek gambar yang sesuai dengan kompetensi dasar tersebut. Dilakukanlah beberapa kali pemotretan untuk dipilih gambar yang benar-benar menarik dan bagus untuk selanjutnya dicetak. Gambar yang telah jadi selanjutnya ditempelkan pada pigura yang telah disesuaikan ukurannya.
Apabila semua langkah pembuatan media sudah dilakukan, maka maka boleh dikatakan bahwa media yang dibuat sudah jadi. Selanjutnya media yang telah berhasil dibuat tersebut siap untuk diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran. Tentang bagaimana mengimplementasikan media dalam kegiatan pembelajaran nanti akan dibahas tersendiri dalasm subbagian terpisah.
Sebagai langkah akhir dari kegiatan mendesain media adalah proses perawatan dan penyimpanan. Perawatan dan penyimpanan ini perlu dilakukan, sebab tidak jarang ditemukan media setelah selesai dipakai diletakkan begitu saja pada tempat yang tidak layak dan tampak tidak ada upaya perawatannaya. Pemandangan seperti ini banyak dijumpai dibanyak sekolah baik SD yang ada di pedesaan maupun perkotaan.

comment 0 komentar:

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
© Semua Tentang Pendidikan | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger