Contoh PTK Bahasa Indonesia PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF TEKS PROFIL TOKOH DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL KOMPONEN INQUIRY

PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF TEKS PROFIL TOKOH DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL KOMPONEN INQUIRY PADA SISWA KELAS VII B
SMPN 10 SEMARANG TAHUN AJARAN 2005/2006

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Keterampilan  membaca  bagi  seorang  siswa  mempunyai  kedudukan penting. Pertama, penting bagi siswa selama mereka mengikuti pendidikan di berbagai jenjang dan jenis sekolah. Kedua, penting bagi siswa setelah mereka selesai bersekolah dan bekerja di masyarakat.
Keterampilan  membaca  merupakan  keterampilan  dasar  bagi  siswa yang harus mereka kuasai agar dapat mengikuti seluruh kegiatan dalam proses pendidikan    dan    pembelajaran.    Keberhasilan siswa dalam mengikuti pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kemampuan membacanya. Oleh karena itu, pembelajaran membaca mempunyai kedudukan yang sangat strategis.

Pembelajaran  membaca  bertujuan  agar  siswa  mampu  memahami pesan-pesan komunikasi yang disampaikan dengan media bahasa tulis dengan cermat, tepat, dan cepat  secara kritis dan kreatif. Kecermatan dan ketepatan dalam memahami pesan komunikasi  itu  sangat penting agar dapat dicapai pemahaman terhadap pesan komunikasi tersebut.
Dalam  era   globalisasi   informasi   seperti   sekarang   ini,   berbagai informasi  disampaikan  melalui  berbagai  media  cetak,  buku,  majalah,  dan sebagainya. Setiap orang, khususnya siswa, dituntut untuk memiliki kemampuan   membaca   yang   cukup   tinggi   untuk   menafsirkan   berbagai informasi yang tertulis.

Untuk file lengkapnya silakan download di Sini

comment 0 komentar:

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
© Semua Tentang Pendidikan | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger