PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF TEKS PROFIL TOKOH DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL KOMPONEN INQUIRY PADA SISWA KELAS VII B
SMPN 10 SEMARANG TAHUN AJARAN 2005/2006
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Keterampilan membaca bagi seorang siswa mempunyai kedudukan penting. Pertama, penting bagi siswa selama mereka mengikuti pendidikan di berbagai jenjang dan jenis sekolah. Kedua, penting bagi siswa setelah mereka selesai bersekolah dan bekerja di masyarakat.
Keterampilan membaca merupakan keterampilan dasar bagi siswa yang harus mereka kuasai agar dapat mengikuti seluruh kegiatan dalam proses pendidikan dan pembelajaran. Keberhasilan siswa dalam mengikuti pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kemampuan membacanya. Oleh karena itu, pembelajaran membaca mempunyai kedudukan yang sangat strategis.
Pembelajaran membaca bertujuan agar siswa mampu memahami pesan-pesan komunikasi yang disampaikan dengan media bahasa tulis dengan cermat, tepat, dan cepat secara kritis dan kreatif. Kecermatan dan ketepatan dalam memahami pesan komunikasi itu sangat penting agar dapat dicapai pemahaman terhadap pesan komunikasi tersebut.
Dalam era globalisasi informasi seperti sekarang ini, berbagai informasi disampaikan melalui berbagai media cetak, buku, majalah, dan sebagainya. Setiap orang, khususnya siswa, dituntut untuk memiliki kemampuan membaca yang cukup tinggi untuk menafsirkan berbagai informasi yang tertulis.
Untuk file lengkapnya silakan download di Sini
Contoh PTK Bahasa Indonesia PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF TEKS PROFIL TOKOH DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL KOMPONEN INQUIRY
By Mudji on Sabtu, 12 Februari 2011
0 komentar:
Posting Komentar