Analisis Media Berdasarkan KTSP

G. Analisis Media Berdasarkan KTSP
    Pemilihan media yang sesuai sebaiknya diawali dengan melakukan analisis media terlebih dahulu. Langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan mengidentifikasi kompetensi dasar yang akan dicapai oleh siswa. Apakah kompetensi tersbut berkenaan dengan ranah cognitif, afektif mauupun psikomotor, dan pada tingkatan mana ranah tersbut harus dicapai. Tentu saja masing-masing ranah dan tingkatan tersebut memerlukan media yang tidak sama. Hal ini berkaitan erat dengan kemampuan guru dalam memilih media.
    Setelah mengenali ranah dan tingkatan dari suatu kompetensi, proses pemilihan media perlu menyesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dasar (IPKD). Apakah dengan menerapkan media tertentu telah mampu menjelaskan indikator-indikator tersebut?. Apabila indikator-indikator tersebut telah difahami oleh para siswa melalui penerapan media tertentu, maka media tersebut sudah dapat dikatakan efektif.
    Jenis materi jangan sampai dilupakan dalam proses pemilihan media, sebab setiap jenis materi yang berbeda memerlukan nenis media yang berbeda pula. Sebagai contoh bila jenis materinya tergolong prosedur, maka media yang dipilih bisa berupa bagan alur atau tayangan langsung tentang proses terjadinya sesuatu. Misalnya prosedur pembuatan alat tertentu atau proses terjadinya eruption dll.
    Langkah selanjutnya dalam analisis pemilihan media yaitu dengan menetapkan berbagai alternatif media yang dapat digunakan untuk membantu proses penjelasan kompetensi tertentu. Selama proses ini perlu dilakukan peninjauan tentang kekuatan dan kelemahan dari masing-masing alternatif media. Setelah dicermati tentang kekuatan dan kelemahan suatu media, maka dipilihlah media yang paling memungkinkan dan rasional untuk diterapkan yang tentu saja harus sesuai dengan kompetensi dasar yang akan dicapai, karakterristik siswa, waktu dan biaya, serta kemampuan guru dalam menerapkan media terpilih tersebut. Contoh proses analisis media tersbut dapat dilihat pada tabel berikut ini.







Untuk file lengkapnya silakan klik di Sini

comment 1 komentar:

La Ode Abd Rahman on 14 Februari 2011 pukul 02.55 mengatakan...

krend............

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
© Semua Tentang Pendidikan | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger