Memilih Media/Sumber Belajar

F.  Memilih Media/Sumber Belajar

            Pemilihan statu media atau sumber belajar perlu mempertimbangkan beberapa hal seperti: (1) kompetensi dasar; (2) karakteristik peserta didik; (3) waktu, (4) ketersediaan sarana; (5) biaya; (6) kemampuan pengajar; dan (7) ketersesuaian media dengan materi.

            Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa prinsip utama dalam memilih media harus mempertimbangkan kompetensi dasar, sebab kompetensi dasar inilah yang akan dicapai oleh siswa. Apapun baik dan canggihnya media atau sember relajar digunakan, tetapi kalau tidak secara langsung menunjang materi dan kompetensi, maka penggunaan media tersebut belum bisa dikatakan efektif dan efisien.

            Pembelajaran konstruktivisme sangat menekankan pada perbedaan individualisme siswa. Hal ini nampak jelas pada kompetensi pengenalan anak didik secara mendalam yang harus dipenuhi oleh guru. Dengan demikian suatu media akan dapat dikatakan efektif bila telah memenuhi interes siswa. Siswa merasa mudah untuk memiliki kompetensi atau kecakapan tertentu melalui pemanfaatan media selama proses pembelajaran. Dalam hal ini setiap siswa memiliki karakteristik tertentu yang notabene memerlukan jenis media yang bervariasi sesuai dengan karakteristik mereka. Disini guru dituntut kemampuannya untuk memenuhi inters siswa yang berbeda-beda tersebut.

            Efisiensi dan efektifitas penggunaan media juga sangat ditentukan oleh waktu. Media dapat dikatakan efektif dan efisien apabila dalam waktu yang tersedia telah mampu , membantu siswa untuk menguasai kompetensi tertentu. Namur demikian walau statu media itu bagus, tetapi dengan waktu tertentu Belem bisa memenuhi kebutuhan kompetensi anak, maka media tersebut Belem bisa dikatakan efektif dan efisien.

            Ketersediaan sarana juga harus diupertimbangkan dalam proses pemilihan media. Jangan sampai media direncanakan, namun sarana dan prasarana pendukung tidak memadai. Misalnya penggunaan CD pembelajaran itu bagus untuk mengifornmasikan suatu proses, tetapi kalau di seklah tidak tersedia komputer dan CD player, maka program media tersebut juga tidak bisa dipergunakan.

            Biaya juga harus dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam pemanfaatan suatu media. Media komputer yang dilengkapi dengan LCD memang sangat efektif untuk menjelaskan berbagai jenis belajar, namun biaya pengadaan alat dan biaya operasionalnya tergolong mahal.

            Keterampilan guru dalam mengoperasionalkan media juga perlu dipertimbangkan. Di lapangan ditemukan ada beberapa sekolah yang telah mendapakan bantuan media pembelajaran dari pemerintah, namun alat-alat tersebut tetap saja utuh dan sebagian besar masih belum dibuka dari kardusnya. Setelah ditanyakan ternyata hampir semua guru belum tahu cara mengoperasional alat dan kemanfaatan alat tersebut sebagai sumber atau media pembelajaran.

            Hal lain yang tidak kalah penting adalah adanya kesesuaian antara media yang dipilih dengan jenis materi pembelajaran yang akan diajarkan. Seringkali terjadi proses pemilihan media pembelajaran mengabaikan materi yang akan dibahas. Padahal setiap materi mempunyai karakteristik yang tidak selalu sama. Ada jenis materi pelajaran yang lebih mengedepankan pada tataran konsep, prinsip, fakta, dan prosedur.

comment 0 komentar:

Poskan Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
© Semua Tentang Pendidikan | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger