C. Kedudukan Media Dalam KTSP
Berbeda dengan kurikulum tahun 1999, yang lebih menekankan pada aspek content. Kurikulum baru atau lebih dikenal dengan KTSP lebih menekankan pada kompetensi. Kurikulum ini memiliki cirri-ciri: (1) hasil belajar dinyatakan dengan kompetensi yang dapat didemonstrasikan/ditampilkan atau dapat diobservasi indikator-indikatornya; (2) kecepatan belajar siswa berbeda dalam mencapai ketuntasan belajarnya; (3) asesmen hasil belajar menggunakan acuan kriteria (CRA); (4) adanya program remediasi dan pengayaan; (5) memerlukan desain media yang dapat mempermudah siswa dalam mencapai kompetensi; (6) kegiatan pembelajaran lebih menekankan pada student centerd learning (SCL).
Berdasarkan cirri-ciri tersebut, maka media mempunyai peran yang tidak kalah penting dari elemen-elemen silabus yang lain. Lebih-ebih dalam KTSP orientasi bukan lagi pada guru tetapi lebih pada siswa. Dalam kondisi seperti inilah sebenarnya media mempunyai kontribusi yang sangat besar pada siswa selama mereka mengembangkan suatu konsep maupun pengetahuan. Peran media dalam sistem pembelajaran berbasiskan KTSP dapat dilihat pada gambar berikut.
Untuk File lengkapnya silakan klik di Sini
0 komentar:
Posting Komentar