Contoh PTK Bahasa Indonesia Penerapan Metode Permainan Simulasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar

Penerapan  Metode Permainan  Simulasi  untuk Meningkatkan  Kemampuan  Berbicara  pada  Siswa  Kelas  II  Sekolah Dasar Negeri II Tertek Tahun Pelajaran 2010 / 2011


BAB I PENDAHULUAN


A.  Latar Belakang


Berbicara  merupakan  salah  satu  aspek  keterampilan  berbahasa  dan juga  merupakan  sasaran  pembelajaran  berbahasa  Indonesia.  Keterampilan berbicara  dapat  meningkat jika ditunjang oleh keterampilan berbahasa yang lain, seperti  menyimak, membaca, dan menulis.  Keterampilan berbicara ini sangat   penting   posisinya   dalam   kegiatan   belajar-mengajar.   Pentingnya keterampilan berbicara bukan saja bagi guru, tetapi juga bagi siswa sebagai subjek dan objek didik.
Dalam kehidupan sehari-hari, manusia dituntut terampil berbicara. Hal ini sejalan dengan pernyataan yang dilontarkan oleh Suyoto (2003:32) bahwa seseorang yang terampil berbicara cenderung berani tampil di masyarakat. Dia juga cenderung  memiliki keberanian untuk tampil menjadi pemimpin pada kelompoknya.  Orang   yang  pandai  berbicara   umumnya   mudah  bergaul, memiliki rasa percaya diri, dan dapat memengaruhi orang lain.

Sekolah dasar sebagai sekolah awal untuk melanjutkan ke tingkat yang lebih  tinggi sudah tentu siswa-siswanya  harus diberikan pengetahuan  yang lebih,  khususnya dalam pembelajaran keterampilan berbicara, sehingga bisa diaplikasikan ke jenjang selanjutnya. Pembelajaran berbicara di sekolah dasar belum  memuaskan  dan  belum  memenuhi  tuntutan  berbicara  seperti  yang dibutuhkan masyarakat.
Peneliti melihat kelemahan atas kondisi kemampuan berbicara siswa sekolah  dasar.  Umumnya, para siswa  mengalami kesukaran ketika diminta untuk  bercerita,  bercakap-cakap,  berpidato,  bahkan  sekadar  bertanya  pun banyak  di  antara  siswa  yang  tidak  mampu.  Padahal,  siswa  sekolah  dasar sebenarnya memiliki kemampuan dasar berbicara.
Berpijak   pada   fakta   di   atas,   maka   pengajaran   berbicara   harus diupayakan  lebih  bermakna  bagi  siswa.  Selain  memberikan  teori  tentang berbicara kepada siswa dalam proses belajar-mengajar, perlu juga diberikan pelatihan yang dapat merangsang siswa agar berani berbicara.


Untuk file lengkapnya silakah klik di Sini

comment 0 komentar:

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
© Semua Tentang Pendidikan | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger