Bagaimana cara membahas hasil laporan PTK ?

Assalamualaikum.Wr.Wb.

Bingung nih,,,, mau nulis judul kayak apa..?
       Atas dasar rasa syukur  kepada Allah Swt  yang selama ini telah memberikan saya kemudahan dalam  segala urusan  selama saya menjalani kegiatan perkuliahan di Universitas Jember maka pada kesempatan kali ini saya akan membagi kebahagiaan saya dengan memberikan sedikit pengalaman saya tentang cara membuat PTK yang baik.

        Sebenarnya saya mau ngasih trik buat teman-teman yang kuliah di Prodi PGSD bagaimana agar PTK atau karya ilmiahnya dapat grade A. Kalau cara pembuatan proposal saya kira sudah banyak yang tahu, yang terpenting yaitu pada bagian desain penelitian buat gambar desainnya yang diadaptasi dari mc taggart atau Hopkins disesuaikan dengan penelitian yang akan dilaksanakan kemudian tetapkan pelaksanaan penelitian akan dilaksanakan dalam berapa siklus serta ketetapan atau standar pelaksanaan siklus berikutnya didasarkan dari hal apa...?.
         Nah, kebanyakan teman-teman mahasiswa termasuk saya sendiri pernah kesulitan pada saat membuat Bab 4 yang berisi tentang Pembahasan dan hasil. Oleh karena itu disini saya mencoba memberikan trik agar bab 4 karya ilmiah kalian bisa diselesaikan dengan mudah. Hal pertama yang harus dilakukan yaitu melihat rumusan masalah, jika rumusan masalah menanyakan proses maka isi dari pembahasan adalah paparan atau deskripsi yang jelas tentang proses pembelajaran serta hasil yang ditimbulkannya. Jika rumusan masalah menanyakan aktivitas, maka isi dari pembahaasan adalah paparan proses pembelajaran serta hasil peningkatan aktivitas yang ditimbulkannya baik itu aktivitas guru maupun siswa. Jika rumusan masalah menyanyakan motivasi maka isi dari pembahasan adalah proses pembelajaran yang diikuti dengan hasil peningkatan motivasi belajar siswa (Siapkan instrumen atau alat penilaian yang valid untuk mengukur variabel-variabel tersebut). Begitulah seterusnya, isi dari pembahasan dan hasil adalah menjawab rumusan masalah dengan memaparkan proses pembelajaran serta hasil dari variabel penelitian kita atau lebih singkatnya bab 4 adalah jawaban dari rumusan masalah yang kita buat pada saat pembuatan proposal PTK.
         Pada tahap pembahasan ini, yang paling penting adalah kemukakan seberapa besar keberhasilan penelitian dengan memaparkan "selisih" dari hasil penelitian dengan hasil sebelum dilaksanakan tindakan penelitian. Jika penelitian dilaksanakan lebih dari 1 siklus sebaiknya hasil dari setiap siklus bisa ditampilkan dalam bentuk perbandingan antar diagram batang atau grafik peningkatan hasil penelitian yang diteliti dari pra siklus sampai akhir pelaksanaan tindakan penelitian.

           Sebelum beranjak ke tahap berikutnya, dalam melaksanakan penelitian saya sarankan agar pada setiap pelaksanaan pembelajaran, di akhir pembelajaran selalu diadakan tahap interpretasi data hasil pembelajaran atau refleksi hasil pembelajaran sehingga bisa dilakukan perbaikan pada pertemuan berikutnya agar hasil dari penelitian bisa berhasil hanya dalam 1 siklus pelaksanaan saja kemudian pelaksanaan siklus berikutnya hanya berupa pemantapan atau pemberian perlakuan khusus kepada beberapa siswa yang tidak berhasil dalam proses pembelajaran.
          Berikutnya pada bagian temuan penelitian, bisa dilakukan dengan cara menyankan pada diri anda bahwa"selama tindakan penelitian pada tahap mana yang paling banyak kelemahan, baik itu proses pembelajaran, aktivitas pembelajaran, maupun hasil belajar siswa" kemudian paparkan secara jelas mengapa hal itu terjadi. begitupun sebaliknya, tanyakan pada diri anda tentang hal yang paling berhasil selama dilaksanakannya tindakan penelitian kemudian paparkan secara jelas tentang keberhasilan tersebut disertai dengan rujukan pada halaman berapa, lampiran (biasanya hasil analisis data) mana yang menegaskan pernyataan anda tersebut.
           Kemudian pada bagian kesimpulan dan saran. Kesimpulan  dan saran harus terikat secara substantif terhadap hasil penelitian atau bisa berupa jawaban dari rumusan masalah serta temuan penelitian.  begitupun dengan saran harus terikat dengan temuan penelitian. "terikat" disini artinya saran yang diberikan harus ada dan sesuai dengan temuan penelitian yang didapatkan selama pelaksanaan tindakan.
           Demikkian dulu tulisan saya tentang PTK mudah-mudahan bermanfaat dan kita semua selalu mendapatkan rahmat dari yang kuasa karena selalu menebarkan kebaikan, Insya Allah kalau jaringan lagi baik, saya lanjutkan dengan posting PTK hasil dari karya Ilmiah saya sendiri dan sudah dipertanggungjawabkan di depan penguji.

comment 3 komentar:

Iesty Baroroh on 27 Maret 2012 21.59 mengatakan...

seep... mksh bgt pas sama tugas nih,, smoga sukses buat yg nulis blog..

Budiman Bugis on 12 November 2013 21.20 mengatakan...

Makasih yah, artikel ini sudah lama sy cari, akhirnya ketemu juga... maaf dan mohon izin seblumnya, saya copy dan share ke teman-teman yah...

Mudji mengatakan...

:)

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
© Semua Tentang Pendidikan | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger